Pengembangan makanan daerah kini semakin pesat dan semakin banyak ragam makanan yang muncul dan bahkan menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Bandung memiliki makanan khas yang di tawarkan seperti peyeum, oncom raos, cilok, combro, wajit, dan khususnya makanan tradisional cireng Bandung. Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk tepung kanji goreng) adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng. Cara pengolahan cireng adalah digoreng, dan biasa disajikan bersama sambal gula jawa. Berbagai cireng yang bermunculan di kota Bandung dan berlomba menjaring konsumen dengan menawarkan menu cireng yang memiliki ciri khas masing-masing. 

Hal ini menjadi salah satu nilai lebih bagi para pedagang atau penjual, supaya setiap konsumen yang datang tidak bosan dengan rasa yang biasa-biasa saja. Agar konsumen selalu mengingat keunikan rasa, para pedagang atau penjual memiliki strategi yaitu membedakan rasa yang memiliki ciri khas yang di jadikan untuk daya tarik tersendiri untuk para kosumen. Citarasa yang berbeda membuat orang mencari sesuatu yang khas untuk di sajikan. Maka dari itu bisnis kuliner saat ini sangat menggiurkan. Berawal dari kesukaan penulis akan cita rasa makanan tradisional sunda yang kini sulit ditemui karena tergusur oleh makanan cepat saji dan juga sulit ditemukan di daerah lain. Cara penyajian cireng sendiri tidak memakan banyak waktu sehingga cireng dapat dinikmati kapan saja dan mudah disajikan. Seperti halnya usaha makanan, tidak setiap hari penjualan mencapai target yang ditentukan. Faktor penyebabnya beragam mulai dari konsumen sendiri, cuaca, tempat, dan waktu. Untuk mencapai target, kita memerlukan suatu strategi agar usaha dapat bertahan dan berkembang. Strategi pemasaran adalah suatu poin penting dalam sebuah usaha makanan. Suatu usaha dikatakan berhasil bila dapat memenuhi target yang ditentukan, serta memenuhi keinginan konsumen.